Cara Mudah Menemukan Minat, Bakat Dan Passion


Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ramai orang dalam hidup ini adalah susahnya menemukan bakat, minat dan passion. Tapi sebelumnya, apakah penting untuk menemukan bakat, minat dan passion? Sangat penting! ini kerana dengan bantuan dari bakat, minat dan 'passion'lah orang dapat menentukan tujuan hidupnya dan lebih mudah mencapai kesuksesan.

Selain itu dengan menemukan bakat, minat dan passion tersebut, khususnya akan sangat membantu murid di bangku sekolah untuk menentukan pilihan jurusan kuliahnya nanti.

Tapi sebelum membahas lanjut tentang cara menemukan bakat, minat dan passion, lebih baik diterangkan definisi ketiga-tiganya terlebih dulu :

1. Minat - adalah suatu keinginan yang mendorong diri seseorang untuk fokus pada suatu objek.

2. Bakat - adalah suatu keahlian alami yang dimiliki seseorang dari lahir.

3. Passion atau ghairah - adalah suatu dorongan besar yang dapat menciptakan keinginan yang besar untuk melakukan sesuatu.

Okey, sekarang anda sudah tahu apa makna dari bakat, minat dan passion itu. Sekarang, bagaiman cara menemukannya?

Sebenarnya mudah, hanya saja perlu waktu dan harus step by step atau bertahap-tahap.

Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti ujian bakat dan minat, ujian cop jari dan sebagainya, kerana yang mengetahui minat dan bakat anda adalah diri anda sendiri. Jadi, apa yang harus anda lakukan?

1. Mencari Minat

Bagaimana cara menemukan minat? Mudah saja, caranya lakukanlah hal-hal yang anda sukai. Kerana sesuai dengan definisinya, minat adalah suatu hal yang ingin kita lakukan tanpa paksaan orang lain.

Seperti misalnya anda suka edit foto wajah kawan jadi lucu, main gitar dan menulis blog supaya boleh memberi inspirasi kepada ramai orang.

Akhirnya anda dapat menemukan minat anda iaitu, desain, muzik dan blogging. Untuk itu, cubalah berbagai macam kegiatan yang anda sukai, semakin banyak semakin bagus. Dengan melakukan hal tersebut, secara tanpa sedar anda akan mengetahui bakat yang anda miliki.

2. Dari Minat Munculah Bakat

Dari berbagai kegiatan yang anda lakukan sesuai minat anda, anda boleh secara perlahan-lahan merasakan keahlian alami atau bakat anda. Apa yang perlu diingat adalah kalau bakat itu tidak cuma ada satu saja, kerana manusia itu adalah mahluk 'multitalented', hanya saja dari beberapa bakat yang anda miliki, hanya akan ada satu bakat yang paling dominan atau menonjol dari diri anda.

Jadi, carilah bakat-bakat anda yang masih terpendam. Kalau anda belum menemukan bakat anda atau merasa hanya memiliki satu bakat saja, bererti anda masih kurang usaha untuk menemukannya dan kurang rajin untuk beraktiviti lebih banyak. Semakin cepat anda menemukan bakat anda, semakin cepat juga anda dapat mengembangkannya dan menggali potensinya.

3. Merasakan Passion

Anggap saja anda sudah dapat menemukan bakat atau keahlian anda. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah memilih dan merasakan dari salah satu keahlian anda, yang mana yang memiliki passion atau ghairah saat anda melakukannya.

Maksudnya bagaimana? Kalau dianalogikan, passion atau ghairah itu bagaikan seperti mengejar wanita yang kita suka, penuh dengan semangat yang membara dan tak kenal lelah. Jadi, rasakanlah saat anda melakukan minat anda dan anda merasa begitu senang, tak kenal lelah dan selalu bersemangat, itulah yang dinamakan passion.

Jadi, bakat dan passion itu saling berhubungan, sehingga kalau sudah menemukan salah satunya, tidak akan susah untuk mencari yang lainnya.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah menemukan minat, bakat dan passion anda?
Author image
About the Author :

Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan anda membaca artikel ini. Kritikan dan saranan dapat anda sampaikan melalui ruangan komentar.

Share This Article:

You might like these as well: